Hilma's notes

The Secrets of Dumbledore

Akhirnya nonton bioskop lagi, yaaaay! Sebenarnya ini adalah tontonan kedua sesudah 2 tahun pandemi. Pertama adalah Spiderman No Way Home, dan sekarang yang kedua ini, Fantastic Beasts: The Secret of Dumbledore. Sebenarnya kalau soalan tentang Wizarding World-Harry Potter, saya cendrung subjektif orangnya. Ketika ada yang bilang fimnya jelek, saya akan defensif. Padahal…ya memang tak bisa dibilang bagus sekali, tapi juga tidak jelek-jelek amat. Mari kita bahas bagus dan jeleknya. Apa yang bagus-bagus dari film ini?...

Hej 2022!

Halo semuanya. Ini postingan pertama di 2022. Bloger abal-abal memang anda tuh ya Cit. Mau bikin cerita-cerita tentang 2021 kok ya ternyata saya gak kuat. Takut mengenang-ngenang kesedihan yang teramat sedih. Semalam saya merenung, apa ada masalah dengan pikiran. Saya sedang tidak mau melihat foto-foto yang agak lama. Sekelebat melihat foto papa, air mata ingin lepas. Seperti ingin menghindar. Tapi tiba-tiba saya sadar, jangan-jangan dengan menghindarinya, memori tentangnya akan ikut hilang....

Muggle

Lagi buka-buka google photos, saya menemukan foto 2 tahun lalu ini : Foto teman-teman S2 saya ketika lagi ngumpul di kelas. Dan kita menamakan diri kita Muggle. Kenapa begitu? Begini ceritanya…. Sewaktu masuk jurusan ini, Perencanaan Wilayah dan Kota, satu angkatan dibagi menjadi 2 kelas. Pihak jurusan mengkategorikan dari apakah S1-nya linier dengan jurusan ini atau tidak. Sehingga terbentuklah satu kelas yang mahasiswanya terdiri dari mantan anak-anak plano, serta satu kelas lainnya yang terdiri dari mahasiswa dengan S1 yang beragam....

Ulang Tahun

Sudah 20 September lagi. Selamat ulang tahun self! Seperti biasa, postingan ulang tahun adalah postingan refleksi-refleksi diri. Asek… Setahun belakangan ini sungguh nano-nano rasanya. Ada rasa bahagia yang besar dan juga rasa sedih yang sangat. Bahagia yang sangat besar karena baru punya bayi perempuan yang cantik, sehat dan pintar bernama Sarah. Sedangkan kesedihan yang sangat tentunya karena meninggalnya papa. Mereka, Sarah dan Papa, bahkan belum pernah bertemu secara langsung. Saya juga sudah 2 tahun tidak bertemu....

Taekwondo

Sejak Hisham masih bayi, saya sudah bercita-cita kalau nanti dia sudah agak besar akan mendorongnya agar ikut beladiri. Beladiri apa aja silahkan, silat, aikido, karate, taekwondo, bebas deh. Maka ketika dia menginjak TK, saya selalu mencari-cari tempat yang cocok buat dia. Tapi selalu gak kejadian karena berbagai alasan. Akhirnya saya berpikir mungkin ketika nanti dia sudah SD adalah waktu yang tepat. Karena biasanya di SD ada kegiatan ekstra kurikuler yang salah satunya adalah beladiri, biasanya....

Anak Kedua

Mungkin beberapa orang tidak tahu kalau saya punya bayi anak kedua. Anda sudah tau? oh syukurlah. Bahkan beberapa orang tidak tau kalau saya lagi hamil, beberapa orang lain baru tau ketika saya sudah melahirkan dan beberapa orang lagi taunya tau-tau saya udah punya bayi yang udah berumur 3 bulan aja. Bisa dibilang bahkan keluarga pun saya kasih tau di umur kandungan yang relatif sudah lumayan besar. Sebenarnya bukan sok-sokan misterius juga....

Decluttering

Entah dapat pencerahan dari mana, akhirnya kepikiran untuk decluttering barang-barang di rumah. Pada dasarnya saya tidak suka belanja barang tapi kok ternyata barang di rumah ini cukup menumpuk. Tapi sesudah diperhatikan ya karena saya suka mempertahankan barang, jarang membuangnya. Yang paling banyak adalah baju, kemudian buku-buku. Baju yang banyak itu sebagian besar adalah baju saya, punya suami dan anak cuma sebagian kecil. Tujuan menyimpan karena kondisinya yang masih bagus tentu saja....

Papa (2)

Tepat sebulan Papa pergi. Setiap saya mengingat ini, masih terasa sangat perih. Terbayang bahwa ternyata tidak akan ada lagi kesempatan bertemu dengannya, sungguh membuat merana. Tidak akan ada dia lagi nanti ketika saya pulang kampung. Tidak akan ada lagi sesi dia ke Jakarta atau Bandung buat nengokin kita. Tidak akan melihat lagi canda tawanya dengan cucu-cucunya dengan wajah yang sangat riang. Tidak ada lagi bahunya untuk saya sesekali bersandar. Papa adalah orang yang sering saya tanya kalau ragu soal apa saja, terutama agama....

Sadness

...

Papa

Papa… Papa, my first love, akhirnya meninggalkan saya selama-lamanya. Rasanya ada yang ikut hilang dari jiwa. Ini memang takdir tapi tetap saja saya tak kuasa menghadapinya. Papa meninggal dunia Sabtu kemarin, 31 Juli 2021 pukul 03.35 di Padang di ruang ICU Rumah Sakit M Jamil ketika masih pakai ventilator. Ternyata wabah ini ikut merenggutnya dari kami. Kepergian ini sempat membuat mati rasa. Kesedihan ini bukan hanya karena menghadapi kenyataan bahwa kami tak bisa lagi bertemu, tapi juga karena kami tidak sempat berpamitan....