Mari Sejenak Menjauhi Kota

Sekarang marilah liburan versi Bandung  (baca : Bandung coret), kenapa alternatif ini lebih menggiurkan, dikarenakan daerah ini lebih terhindar dari macet dan ternyata punya tempat wisata yang menarik. Lupakan sejenak distro dan FO ya, kenapa.. karna ini..jeng ..jeng ..jeng…Liburan Alam!!
Manakah yang saya maksud Bandung coret? tak lain dan tak bukan adalah Cimahi dan Garut. Dan ayo kita lihat kita bisa kemana saja.
**Pemandian Air Panas Puncak Darajat.**
Pemandian ini adanya di Garut, nama tempatnya Puncak Darajat. Kalo ndak salah *jiaaah*
Pemandangan ke tempat ini wuih indah banget, di kanan kiri jalan terbentang perkebunan sayur dan persawahan, juga karna daerahnya berkontur, perbukitan yang indah. Ditambah lagi cuacanya yang dingin bikin suasana yang terasa itu alami banget.
Pemandiannya sendiri sebenarnya standar pemandian air panas biasa, ada beberapa kolam dengan wahana seperti waterboom, dan ada juga yang dinamakan “kamar rendam” tempat sekita 5-6 orang bisa berendam air panas lebih pribadi. ya gak nyampur sama anak-anak gitu. Lokasi pemandiannya juga banyak, tergantung pengelola kali ya.
Saya sih lebih menikmati pemandangannya saja, kalo mandi air panas sih karna saya gak terlalu nyaman berendam air panas ya jadinya kena air dikit-dikit doang 😀
Oiya, di sini bisa liat bangunan pembangkit tenaga panas bumi gitu, jadi banyak pipa-pipa penyalur sepanjang jalan.
duh pemandiannya malah lupa difoto-foto ya. hehe.
**Cokodot**
Pernah dengar tentang cokodot? saya pernah, dulu diliput tv
cokodot itu oleh-oleh khas Garut, Cokodot itu coklat dodol Garut, jadi ini tu coklat yang di dalamnya ada dodol. varian coklatnya pun macam, terus dibikin nama yang unik-unik gitu, buat menarik pelanggan alay seperti diriku mungkin.
Di toko cokodot ini juga ada makanan lain loh yang bisa dijadikan oleh-oleh, jadi buat yang gak mau coklat bisa beli yang lain. Tempatnya yang cozy juga salah satu yang membuat tempat ini menarik, puya konsep tersendiri deh. Juga ada merchandise khas cokodot kalo ada yang mau.
[![](https://i1.wp.com/2.bp.blogspot.com/-WgDaWnkwPac/T982oWSXpHI/AAAAAAAAJfw/SL7g7m81UKg/s320/C360_2012-06-17-17-46-15.jpg?resize=240%2C320)](https://i2.wp.com/2.bp.blogspot.com/-WgDaWnkwPac/T982oWSXpHI/AAAAAAAAJfw/SL7g7m81UKg/s1600/C360_2012-06-17-17-46-15.jpg)
[![](https://i0.wp.com/2.bp.blogspot.com/-MoZWs8BCbMs/T982xrsQ3xI/AAAAAAAAJf4/o8Z8I1iN0A8/s320/C360_2012-06-17-17-48-00.jpg?resize=320%2C240)](https://i1.wp.com/2.bp.blogspot.com/-MoZWs8BCbMs/T982xrsQ3xI/AAAAAAAAJf4/o8Z8I1iN0A8/s1600/C360_2012-06-17-17-48-00.jpg) [![](https://i0.wp.com/2.bp.blogspot.com/-_BSLcz32k6Y/T9826a4ifFI/AAAAAAAAJgA/oUyeCaBk9QY/s320/C360_2012-06-17-18-05-53.jpg?resize=320%2C240)](https://i0.wp.com/2.bp.blogspot.com/-_BSLcz32k6Y/T9826a4ifFI/AAAAAAAAJgA/oUyeCaBk9QY/s1600/C360_2012-06-17-18-05-53.jpg)
**Kampung Gajah**
Di daerah Cimahi banyak lokasi-lokasi yang mulai dikembangkan pengembang, ada yang namanya Kampung Daun, Sapulidi, Makan di Sawah dan salah satu yang sempat saya kunjungi bernama Kampung Gajah.
Kampung Gajah itu kayak tempat wisata terintegrasi gitu #halahbahasanya, maksut e di satu lokasi punya berbagai arena wisata. Ada permainan, ada tempat belanja, ada tempat perkebunan yang bisa petik sendiri dan tentu saja yang paling penting, lokasinya yang punya pemandangan indah.
Untuk memasuki kampung gajah itu pakai karcis masuk, di hari biasa bayarnya Rp. 10,000,- di hari libur itu Rp. 20.000,-. Tapi buat menikmati wahana terusannya, itu musti bayar mahal lagi, di hari biasa Rp 150.000,- dan dihari libur Rp 200.000,-. Mahal ya cyiiin, dan dengan #kepadang-nya saya, saya gak menikmati wahana-wahana itu dong cukuplah berjalan-jalan saja. hihihi.
Tapi sebenanrnya banyak lagi tempat di kampung Gajah yang bisa dieksplor, cuma karna waktu terbatas  saya cuma menjelajahi sedikit tempat aja.
[![](https://i0.wp.com/1.bp.blogspot.com/-S-MrwhzLCsc/T98zjyzVA0I/AAAAAAAAJfA/ZhP7_UI9iG0/s320/C360_2012-06-18-09-43-08.jpg?resize=320%2C240)](https://i2.wp.com/1.bp.blogspot.com/-S-MrwhzLCsc/T98zjyzVA0I/AAAAAAAAJfA/ZhP7_UI9iG0/s1600/C360_2012-06-18-09-43-08.jpg) [![](https://i2.wp.com/3.bp.blogspot.com/-MISUqz9UHjI/T98zKToQvFI/AAAAAAAAJew/3Jan-iAEAg0/s320/C360_2012-06-18-09-19-57.jpg?resize=320%2C240)](https://i1.wp.com/3.bp.blogspot.com/-MISUqz9UHjI/T98zKToQvFI/AAAAAAAAJew/3Jan-iAEAg0/s1600/C360_2012-06-18-09-19-57.jpg) [![](https://i1.wp.com/2.bp.blogspot.com/-PWtQS_2i8_k/T98zWJS53uI/AAAAAAAAJe4/GJioavnmN5I/s320/C360_2012-06-18-09-20-22.jpg?resize=320%2C240)](https://i1.wp.com/2.bp.blogspot.com/-PWtQS_2i8_k/T98zWJS53uI/AAAAAAAAJe4/GJioavnmN5I/s1600/C360_2012-06-18-09-20-22.jpg)
**Curug Cimahi**
Atas nama suka jalan-jalan ke alam, saya paling axcited sama tempat ini. WOHOOO!
Yak, awalnya tempat ini gak diperhitungkan sama teman-teman perjalanan saya. Tapi disela-sela wisata kita sempat kesini. Cuma bayar Rp 10.000,- saya menemukan air terjun yang tinggi dan bisa didatangi dan tidak terlalu rame. Kenapa tidak terlalu rame? karna untuk menjangkau dasar air terjunnya butuh tantangan tersendiri. musti menuruni anak tangga yang walopun Alhamdulillah udah dibeton bagus tapi banyak dan curam. Kira-kira kita bakal melalui 570 anak tangga dan berbelok belok.
Jadi kita semacam menuruni cekungan jurang untuk ketemu air terjun di dinding jurang satunya untuk ke dasarnya dan bermain air di bawahnya. air terjunnya sangat tinggi dengan hutan dipinggir-pinggirnya. Airnya pun sedingin es dan bersih. Pokoknya curug yang keren deh.
Disepanjang jalan menuruni anak tangga itu banyak monyet, jadi hati-hati sama yang bawa makanan. Sebenarnya monyetnya gak jahat, cuma ya kadang ada aja yang gak tahan liat makanan. Kalau capek di perjalanannya, ada beberapa shelter tempat istirahat. Ohiya, yang lebih PR sih pas naiknya. Lumayan gempor sih, cuma buat yang biasa latihan sih ya bakal gak terlalu berasa  🙂
[![](https://i0.wp.com/2.bp.blogspot.com/-jG95_euiOOI/T98z72c1aCI/AAAAAAAAJfI/TGCmVyjRqG4/s320/C360_2012-06-18-10-34-37.jpg?resize=240%2C320)](https://i1.wp.com/2.bp.blogspot.com/-jG95_euiOOI/T98z72c1aCI/AAAAAAAAJfI/TGCmVyjRqG4/s1600/C360_2012-06-18-10-34-37.jpg) [![](https://i2.wp.com/4.bp.blogspot.com/-T2lA9f37Q6I/T980XYQ9S-I/AAAAAAAAJfY/d_GNC5RAvgI/s320/C360_2012-06-18-10-49-43.jpg?resize=240%2C320)](https://i0.wp.com/4.bp.blogspot.com/-T2lA9f37Q6I/T980XYQ9S-I/AAAAAAAAJfY/d_GNC5RAvgI/s1600/C360_2012-06-18-10-49-43.jpg)
[![](https://i0.wp.com/3.bp.blogspot.com/-uXyo7hK1hfA/T980svCbKnI/AAAAAAAAJfg/4VJUT1mkzE4/s320/C360_2012-06-18-11-02-06.jpg?resize=240%2C320)](https://i2.wp.com/3.bp.blogspot.com/-uXyo7hK1hfA/T980svCbKnI/AAAAAAAAJfg/4VJUT1mkzE4/s1600/C360_2012-06-18-11-02-06.jpg)
Oiya, saya ini nginap di Villa di daerah Cimahi. Vilanya bagus dan terawat. Tapi untuk postingan jalan-jalan kali ini sayangnya tidak bisa memberikan taksiran harga transportasi dan penginapannya karna pakai mobil sewaan dan villa yang pengurusannya diatur teman.
[![](https://i1.wp.com/1.bp.blogspot.com/-wdftc4cdPDI/T987n7eNJyI/AAAAAAAAJgo/Zp0XpmjW_b0/s320/C360_2012-06-18-08-09-30.jpg?resize=240%2C320)](https://i2.wp.com/1.bp.blogspot.com/-wdftc4cdPDI/T987n7eNJyI/AAAAAAAAJgo/Zp0XpmjW_b0/s1600/C360_2012-06-18-08-09-30.jpg) [![](https://i1.wp.com/2.bp.blogspot.com/--KeUnJXqXH4/T9866rf_s2I/AAAAAAAAJgg/DWSjveaLqls/s320/C360_2012-06-18-08-21-16.jpg?resize=240%2C320)](https://i1.wp.com/2.bp.blogspot.com/--KeUnJXqXH4/T9866rf_s2I/AAAAAAAAJgg/DWSjveaLqls/s1600/C360_2012-06-18-08-21-16.jpg)
Tapi untuk ke Curug Cimahi itu sepertinya tersedia angkot dari Pasar Cimahinya, langsung ke lokasi pintu masuk areal wisata Curug, jadi gampang dijangkau 🙂
Sekian dulu tentang jalan-jalan ke Cimahi-Curug, tempat jalan-jalan yang lumayan menarik dan membuat diri sedikit melepas lelah batin walopun lelah betis.
Selamat senin kawan :*