TROTOARKU SAYANG, TROTOARKU BERANTAKAN

Saya sebagai orang yang ditakdirkan masih sebagai pejalan kaki curcol, tentu saja sangat peduli dengan kehadiran trotoar. nah ceritanya tuh kemaren baru pulang dari rumah nenek pas naik busway duduk dibelakang pinggir deket jendela bus. sepanjang jalan ngeliat trotoar-tortoar pengen nulisin aja gitu ceritanya. jadi kepikiran aja..kenapa yah ^_^

Fenomena-fenomena trotoar indonesia itu begini..ehm..

  1. banyaknya benda-benda pendukung infrastruktur pendukung jalan utama, contohnya : halte bis, tiang-tiang lampu penerangan, tangga busway, tempat sampah dan lain-lain yang mau tidak mau mengganggu kenyamanan pejalan. tapi yah ini gak bisa diprotes..lha wong benda-benda itu perlu buat semua orang toh
  • lebar trotar yang relatif kecil (gimana toh udah dibilang lebar malah kecil ^_^). kecuali trotoar di daerah sudirman, gatot subroto dan daerah-daerah elit lainnya. kalo disana trotoarnya udah lebar trus dibikin senyaman-nyamannya lagi. namun kebanyakan trotoar khususnya dijakarta bisa dibilang gak cukup buat jalan. contoh kasus ya,, ada orang pacaran lagi gandengan..kan rendengan tuh jalannya nah orang yg mau nyalip itu pada kepaksa turun ke jalan raya. beneran kecil kan jitaktuhyangpacaran
  • bau pesing.. dan tentu saja tertuduh utamanya jeng jeng jeeenggg…..kaum laki-laki. sebagai makhluk yang ditakdirkan bisa kencing berdiri tentulah ini ulah mereka,perempuan juga bisa sih,tapi kan belepotan.. jiah dibahas ^_^ naaahhh ini kebiasaan biasanya driver2 itu atau orang yang udah kebelet tapi lagi dijalan.. ckckckc capedeeehh
  • pengendara motor.. siapa yang gak kesal coba sama pengendara motor. tapi wadalalah yang paling kasian itu pejalan kaki. selain itu motor sering gak kasih jalan kalo pejalan kaki lagi nyebrang, trotoarnya juga sering dipake buat nyalip kendaraan lain. coba aja tuh kita ngotot tetep jalan tanpa memperdulikan mereka,bakal di klakson kenceng ampe budek, padahal yang punya hak jalan dtrotoar kan pejalan kaki kan curcol
  • sering dipake buat parkiran mobil.. naaaa ini ni resiko tinggal dijakarta, rumah dan ruko sering gak kebagian tempat parkiran. jadilah tuh trotoar dijadiin tempat parkir yang lagi-lagi bikin pejalan kaki jadi ngalah turun ke jalan raya.
  • pohon-pohon trotoar. ini dilema buat perkotaan. kalo ditebang itu tidak bagus karena tentu saja menentang penghijauan lingkungan (inget di twitter warga bandung protes karna pohon2nya mau ditebang) tapi kalo dibiarin akan ngerusak trotoar itu bahkan jalan raya nya. karena menurut peteknisipilan akar itu sangat merusak bangunan dan jalan. contohnya mah buanyaaakkkk.. belum lagi kalo badai itu pohon tua-tua mengancam orang dibawahnya karena kaya mau rubuh gitu. jadi gimana coba… nanya mulu
  • pekerjaan pekerjaan umum seperti PDAM, listrik dan telepon. adalah salah satu (eh salah banyak) yang bikin trotoar juga gak nyaman. udah bikin tuh trotoarnya belepotan ama tanah dan air, juga itu kerjaan koq ya kayanya gak kelar-kelar gimanaaaaa gitu.
  • banyaknya hilang penutup-penutup saluran pembuangan air dipinggir jalan. sepertinya krisis ekonomi di indonesia bikin sampe besi penutup2 itu aja bisa dicuri oleh maling-maling pemulung itu. coba bayangkan sodara-sodara
  • naaahhhh, kalo yang satu ini fenomenal banget di Indonesia. Pedagang kaki lima atau tenda-tenda makanan. siapa yang mau protes..siapa yang mau marah. pejalan kaki nya juga pada butuh gitu buat nyari solusi makanan murah ya toh??
  • perkerasan jalan yang berantakan. ini bisa jadi karena memakai brick yang tercecer kemana-mana. bisa karena dicopotin ama anak-anak, atau karena aspek-aspek pengaruh dari semua hal diatas..

sekian dulu ulasan dari saya… kalo ada apa-apanya ya mbok tolong di komen lah…
Hidup Indonesia..Hidup Pejalan Kaki!!

Nb:poto dari mana-mana..