Saya dan Paket-paket Data Itu

Saya bermasalah dengan provider, selalu begitu. memang kadang gak sepenuhnya salah providernya, saya juga kadang gaptek, tapi gak sepenuhnya salah saya juga, providernya juga gaptek #loh.Terutama buat berlangganan paket data si optimo (baca : hape android saya), selalu ada masalah yang ujung-ujungnya membuat saya yang duitnya pas-pasan ini jadi tekor.

Ketika pertama kali pake optimo, kartu GSM yang saya pakai adalah IM3, saya selalu percaya indosat punya layanan sinyal yang bagus, karena sempat memakai buat handphone biasa dan oke-oke saja. Nah untuk pemakaian paket data perdana sih aman saja, demikian juga setelah isi ulang yang kedua. untuk isi ulang sesudah itu, mulai bermasalah. abis diisi pulsa sih duitnya dipotong sebanyak paket layanan berlangganannya, tapi kok ya paket datanya gak jalan, malah mengambil pulsa yang tersisa. Bahkan saking sakaunya ngaktifin internetnya, saya beberapa kali isi ulang pulsa biar internetnya tetap jalan tanpa fasilitas paket data. melayang lagi dong duitnya.

Saya nelpon dong ke CSnya, dia bilangnya sih paket data saya harusnya memang sudah berjalan sejak tanggal pulsa itu dipotong, dan waladalahnya, dia salah nangkep lagi, mikirnya saya mempermasalahkan pulsa yang terpakai dan akan mengurus penggantiannya. WOIII!! INI PAKET DATANYA BELUM BISA JALAN TAUUUK.. CSnya bilang lagi akan diproses dan bla bla bla.

Nah, sesudah komplen ini itu apakah bisa? Tentu saja tidak.. padahal udah beberapa kali menelpon ke CSnya. Udah pake ngutak ngatik APN segala, tetep gak bisa. akhirnya saya nyerah. Selanjutnya… Ganti Kartu!!Provider selanjutnya adalah Simpati a.k.a Flash. Ini mah bikin tekor banjet, saya agak gak suka sama sistemnya,karna ini berhasil membuang duit saya 200rb dalam sehari karena sistem mesti registrasi setiap pengisian ulang, dan konfirmasi kegagalan yang lama. serta Kuota yang cuma 300MB sebulan untuk paket unlimited 115 sebulan, itu kekecilan cyiin. Walopun kabarnya sekarang udah naik sih katanya, ya selamat deh. Saya udah berpaling juga dari provider ini masalahnya 🙂

Selanjutnya saya ganti lagi dong, kali ini ke Tri, karna apa? karna murah tentu saja hahaha. untuk paket unlimited 1G perbulan cuma 50ribu. Ini tergoda karna di kampung saya ternyata sinyalnya juga bagus. Dijakarta bagus, di padang bagus, apalagi yang saya musti ragukan :).

Pada pemakaian perdana dan isi ulang pertama sih puas banget, apalagi kalo kita isi ulang juga gak perlu registrasi lagi selama sisa pulsa mencukupi sebanyak paket yang kita langgani sebelum masa berlaku tanggal unlimitednya belum habis.

Nah bermasalahnya saya kemaren, saya lupa isi ulang pulsa sebelum masa berlaku habis, dan gak melakukan registrasi ulang ketika pengisian pulsa biasa (bukan yang voucher internet), kenaa deh tuh 🙂 Pulsa kena potong lagi untuk pemakaian internet tanpa paket data, dan 50ribu itu habisnya hitungan menit gaaan jejeritan

Yah, karena masih puas dengan layanan Tri, saya pake lagi deh, dengan tidak lupa registrasi ulang untuk paket data yang diinginkan.

Dari pengalaman ini sih, maka hal-hal yang perlu diingat..

Yang pertama, Jangan lupa baca-baca website dari provider yang kita pake, biasanya ada hal-hal yang gak selalu diinfokan melalui sms notification dari kartu tersebut. Contoh pada Tri, saya mengetahui mesti registrasi ulag ya dari websitenya.

Yang Kedua, ini paling penting, jangan lupa matikan paket data setiap pengisian ulang, biar semisal registrasi tidak berhasil seperti halnya ketika saya pake simpati, pulsa gak keburu dipotong sehingga tidak memenuhi lagi jumlah pusa yang dibutuhkan untuk berlangganan layanan. Secara kalo pake smartphone, pulsa pemakaian internetnya itu larinya kayak kuda.

Yang Ketiga, jangan gaptek-gaptek amat kayak saya, yang apa-apa musti bingung dulu baru nyari-nyari solusi… nunduk

Yang keempat, jangan percaya seluruhnya omongan Costumer Service provider anda, semuanya yang dia omongin “akan kami check”, itu retorika belaka

Yang Kelima, tetaplah pake android, karna android itu kereeeen banget!! (ini gak ada hubungannya ciit)

Itu masalahku, apa masalahmu?

Sudah, itulah unek-unek saya kali ini, di sabtu pagi yang puasa ini. yang seminggu lagi bakal pulang kampung… hahahaha #apasih