Memasak Dendeng Ragi

Saatnya ngeblog masakan karena inilah saatnya saya membuktikan bahwa saya bisa masak, walaupun di sebelah masih ada nyokap sih πŸ˜› Saya mau memasak masakan khas rumah saya yang susah ditemukan di tempat lain, namanya Dendeng Ragi. Biasanya Dendeng Ragi ini disajikan nyokap ketika lebaran, ditarok di stoples karena harus dijaga garing dan nantinya bisa ditaburkan di atas ketupat gulai atau dimakan bersama nasi panas yang enaaak.

Ini bumbu-bumbunya ;

  • Daging Sapi 1/2 kg potong tipis (potongan dendeng)
  • Kelapa 1 butir
  • Ketumbar giling 1 sdm
  • Jintan giling 1/2 sdm
  • Bawang merah 3 biji
  • Bawang putih 3 siung
  • Merica 10 butir
  • Asam Secukupnya
  • Gula Pasir secukupnya
  • Garam secukupnya.
Cara membuatnya :
  • Kelapa dibuang kulitnya, lalu diparut panjang-panjang. Eh, beli aja ding, biar gampang :p
  • Ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih dan merica digiling halus
  • Daging yang udah dipotong, dilumuri sedikit dengan bumbu yang sudah digiling tadi (biar enak) kemudian digoreng menjadi dendeng yang kering.
  • Goreng parutan kelapa dicampur dengan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, diberi sedikit asam. Semuanya digoreng dengan minyak secukupnya. Sebaiknya pakai juga minyak bekas menggorang dendeng tadi deh, biasanya lebih enak.
  • Diaduk terus selama kira-kira 1 jam sampai rata dan berwarna kuning bagus sehingga tiap lembar parutan kelapanya garing dan lepas. Ini PR banget ya, karna gak boleh ninggalin penggorengannya sebentarpun. Kelapanya mesti diaduk terus biar tidak ada yang gosong. Supaya aman, pakailah api kecil.
  • Setelah hampir matang, masukkan dendeng goreng yang telah dipotong-potong kecil.
  • Siaaaaaaaap disajikan.
Demikian resep masakan saya, bagaimana? meyakinkan tidak? Bhihik.
Ini masakan emang butuh perjuangan di bagian ngaduknya karena bikin tangan pegel, tapi semua jerih payah akan terbayar dengan rasanya. Kalau ndak percaya, silahkan datang ke rumah saya untuk merasakan citarasa Dendeng Ragi ini. Tapi pas lebaran ya, hari lain aku cbux!
Oke. Tunggu resep-resep masakan lainnya dari Chef Icit.
Cauuuu!

8 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *