Katanya Suka Wayang, Tapi Kalau Ditanya Pasti Bingung.

Judul macam apa ini????Saya suka cerita Wayang. Suka ceritanya yang kompleks, suka tokoh-tokohnya. Suka menikmati ketika fikiran mengingat-mengingat karakter yang rumit dan terhubung itu. Walaupun sebenarnya cara saya menikmati wayang tidak efektif, sepotong-sepotong sehingga gak benar-benar bisa hapal jalinan peristiwa dan orang-orangnya.

gambar dipinjam dari sini 
Saya menyukai wayang dari berbagai versi, versi buku, versi komik, wayang orang yang walaupun dengan terbata-bata coba pahami, dan tentu saja saya membaca wayang dari internet. Yang pasti sih, wayang dalam bahasa indonesia. Yang tentu takkan saya tonton adalah Wayang kulit, karna biasanya wayang kulit pure bahasa jawa dan modelnya serius banget. Gak bakal kuat kayaknya nonton gituan. Beberapa kali kalau ada temennya saya pernah nonton wayang orang di Wayang Orang Bharata, Senen. Sambil menikmati ketoprak dan sate yang dijual di depannya. enak, bumbunya berasa dan satenya juga enak..  (oke mulai lost focus)
Yang paling sering saya baca adalah kisah Mahabharata dan Perang Bharatayudha. Pokokmen yang ada Pandawa dan Kurawa dan apa-apa yang ada di sekelilingnya.
Ini buku yang menarik, Empat Kesatria Menghentak Langit. Bukan tentang pandawa, tapi tokoh-tokoh yang lain pendukungnya. yang pasti, ringan. :p
Saya juga punya buku karya almarhum RA Kosasih yang komik ini. Sebenarnya agak merasa sedikit salah kalau memulai baca buku dari sini, karna menurut saya sih lebih baik baca kisah-kisah sebelum Perang Bharatayudha dulu. Tapi bukunya lumayan mahal, ihik.
Biasanya andalan saya jika ada tokoh-tokoh yang saya pengen tau atau lupa mengingat karakternya adalah tetap Wikipedia. Oiya, saya selalu tidak lupa dongeng wayang yang diposting +Christin Ratri di blognya di sini  dan satu lagi web yang sering saya buka di sini.
Sekian, nyerocos hari ini.. Mwaaah!

6 Comments

  1. Keluargaku jawa semua, dan baca tulisan kakak ini jadi inget waktu kecil, aku sering di eksploitasi buat dijadiin model foto wayang-wayangan orang sama bokap. Sekarang aku pun jadi dan masih cinta banget sama sosok Bima. Meski kecewa kukunya bima dijadiin merk obat, padahal gak ada hubunganya sama sekali.

  2. ahahaha tengkyu udah di-backlink.. aku suka karena dulu bapak sering nasehatin pake karakter2 wayang gitu. sama cit aku juga klo ditanya masih susah nginget ini siapa yg pernah ngapain aja dan punya senjata apa.. yang penting seneng dulu aja XD

  3. saya suka wayang & kebetulan saya juga suka membaca kisah-kisah Mahabharata atau Ramayana. adik saya juga suka wayang & membuat komik wayang…

    pengen belajar bahasa Jawa supaya bisa ngajarin orang bule yang mau belajar bahasa Jawa deh… klo di jakarta ada ga ya tempat kursusnya???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *