Curug Cilember, Air Terjun Lagi! YIPIII!!

Kemaren sempat jalan-jalan ke Air Terjun yang ada di daerah Puncak Bogor. Namanya Curug Cilember. Cilember ini ada di daerah Mega Mendung, gak usah bawa payung karna mendung memang gak berarti hujan di sini #eaaa. Kebetulan teman seperjalanan saya adalah Putri dan Ipul
Mau ke daerah sini sih gampang banget ya, pokoknya kita harus sampe bogor dulu deh, naik kereta dengan harga Rp. 7000 udah bisa. Selanjutnya bisa naik angkot ke Sukasari untuk selanjutnya nyambung angkot ke Cisarua. Angkot ke Sukasari Rp. 2500 sedangkan ke Cisarua kira-kira Rp. 5000. Ini saya kasih jalur ngetengnya aja, karna kemaren kebetulan si sopir angkot Sukasari mau nganterin langsung kita ke curugnya, jadi hitungannya beda 🙂
Nah kalo udah naik angkot Cisarua, sebaiknya turunnya di Wisma kepunyaan Kumham, di sini ada pertigaan paling dekat sama lokasi curugnya. Di Pertigaan ini bisa naik ojek yang kira-kira bayar Rp. 15.000.  Ojek ini akan langsung nganterin ke Gerbang masuk tempat wisata ini. 
Kalau tiket masuk itu kalo gak salah Rp 15.000 juga. Bener gak Put? Ipul? *pede aja blognya dibaca*
Oke, apa yang ada di Curug Cilember? JENG JENG JEEEENG…. ini ada papan petunjuknya. keliatan gak? coba pake kaca pembesar. *rempong*
Curug Cilember itu punya 7 Curug. Semakin kecil angka curugnya maka semakin tinggi air terjunnya-maksudnya semakin tinggi daerah yang akan dijangkau. Jadi Curug yang paling awal kita temui memang Curug 7. Karna medannya yang paling gampang maka ini air terjun yang paling rame dan “heboh”. Karna rame ya agak kurang bikin nyaman sih. walaupun ini sebenarnya air terjun paling bagus karna paling tinggi. Curug 7 ini kayaknya gabung sama Curug 6. yang di sebelahnya itu loh. *gak fokus jadi ndak yakin, hihi*. 
 
Nah, kalau mau ke curug lainnya, yang penting adalah persiapan fisik. Jangan lupa makan yang banyak. Karna ini akan melewati beberapa jalan berbatu dan tanjakan. Ini penampakan Curug 5. Lebih lebar dan punya telaga bawah yang lebih kecil. Berbatu-batu besar yang enak dipake buat duduk-duduk. Curug ini juga membuat aliran di sela-sela batu bawahnya yang enak dipakai buat main air gitu. seru deh. Ada warung di sekitar sini, jadi kalau mau makan Indomie-kari-ayam-telur-rebus-pake-sawi-yang-enak-banget ada di sini.
                                      
Curug 4 nya mana? iniiiii dia. Abaikan foto Ranger cewek itu ya. Eh ini emang sengaja mau diliatin ding #narsis :)) ini air terjun kembar juga, tapi ukurannya kecil. Tempatnya rada sepi, apa karna tersembunyi ya. Lumayan menarik sih karna banyak tumbuhannya, Putri sih paling sibuk eksplor foto tumbuhan di sini. 
 
Nah, untuk curug berikutnya 3,2 dan 1, saya sendiri agak bingung ini sebenanrnya. entah dmana letaknya. Mengingat peta lokasinya juga susah dibaca. Terus terang ini memang berdasarkan tebakan saja menemukannya. Tapi mengingat medan ke Curug atas lagi itu semakin susah, kami memutuskan cuma sampai curug 4 saja. Mungkin membutuhkan waktu dan peralatan yang memadai kalau mau melanjutkannya. 
 
Apalagi yang menarik selama perjalanan, ya itu suasana hutannya. Alami banget, banyak pohon-pohon, tanaman liar, pakis dan bunga hutan. Buat nyoba-nyoba foto makro pasti banyak objek. Buat refreshing pikiran apalagi. Udaranya suejuuuk. 
 
 
Di Taman Wisata Cilember ini selain kita bisa menikmati air terjun juga bisa mengunjungi taman kupu-kupu, terus juga bisa memakai fasilitas outbond yang ada di areal itu. Jogging track juga ada, cuma ya rutenya pendek doang dan kurang menantang, penonton kecewa :p.
Juga kalau berminat menginap tersedia tenda-tenda yang disewakan atau rumah kayu yang bisa disewa buat pengunjung :
 
 
Oh iya, satu hal yang perlu diingat, kalau memang berniat untuk menjelajahi semua curug dan hiking ke hutan-hutan sekitarnya, jangan lupa pakai sepatu atau sendal yang cocok dengan medan, karna jalan setapak nya licin dan berbatu serta menanjak gitu ya sangat beresiko kesandung atau terpeleset. Pokoknya musti hati-hati deh ya, jangan sampe lebam-lebam badannya pulang. 
Terimakasih juga buat pengelola tamannya yang nyediain tempat sampah banyak banget dengan jarak yang lumayan dekat, buat yang MAU buang sampah pada tempatnya jadi gak kebingungan. Walaupun kenyataannya ada aja yang buang sampah sembarangan, terutama di Curug 7 #IcitPengamatLingkungan.
  
 
 Oiya, ada Tarzan, hahaha.
 
Beberapa review
  • Konsep tempat wisatanya sudah oke, sudah ditata sedemikian rupa sehingga lumayan asri
  • Peta areal wisata masih kurang informatif, kurang menggambarkan secara jelas dan agak membingungkan.
  • Taman kupu-kupunya musti bayar lagi, padahal kupu-kupunya gak terlalu banyak dan gedungnya kurang terawat
  • Penyewaan tenda yang terlalu banyak dan berantakan sehingga sedikit menganggu pemandangan
  • Beberapa papan penunjuk perlu ditambah karna ada beberapa lokasi yang membingungkan.
 
Yang penting diingat 
  • Jangan lupa mempersiapkan pakaian ganti karena main air sangatlah menggoda
  • Pakai sepatu atau sendal outdoor 
  • Bawa penghangat badan karna hawanya sejuk
  • Bawa Kamera, yaiyalah yaaa
  • Bersedia membonceng motor kalau mau ngeteng 🙂
  • Buanglah sampah pada tempatnya
 
Transportasi
  • Jakarta – Bogor : KRL AC Rp 7.000
  • Stasiun – Sukasari : RP. 2.500
  • Sukasari – Cisarua : Rp 5.000
  • Pertigaan Kumham – Cilember : Rp. 15. 000
  • Tiket Masuk : Rp 15.000
Sekian, Selamat Jumat, selamat Weekend O/
 
nb : Putri girang banget liat foto bertapa itu :))

12 Comments

  1. Ipul yang bayar tiket masuk. Kamu tanya dia aja. =)))
    Aku waktu itu sibuk meneropong wisatawan Arab yg lagi pacaran.
    #Penting #InfoTambahan

    Masih ada curug lain yang harus kita jelajahi! O/

  2. Dim, itu bukan mendaki kok. Cuma masuk hutan, terus jalan semacam naik tangga. Tapi tangga alami. *dilempar ke hutan*

    Icit ini, mosok aku dibilang Tarzan?! 🙁

  3. Curugnya enggak cuma satu to?
    Ah pengen naik turun bukit dan mendapati suara air terjun dengan girangnya..
    Tapi.. etapi besok aja kalau udah punya anak.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *