Pencinta KRL Jakarta

[![](https://i0.wp.com/2.bp.blogspot.com/_ft2guLgJppw/TNuDlH2Q8II/AAAAAAAAAYM/WG47PVl8Z3g/s320/CIMG3689.JPG?w=780)](https://i2.wp.com/2.bp.blogspot.com/_ft2guLgJppw/TNuDlH2Q8II/AAAAAAAAAYM/WG47PVl8Z3g/s1600/CIMG3689.JPG)
Dulu saya adalah pengguna setia KRL dalam kota. Ketika menginjakkan kaki pertama kali di Jakarta 4 tahun yang lalu *pose petualang bawa ransel* alat transportasi yang pertama kali berteman akrab dengan saya adalah ya KRL ini. Mengingat waktu itu masih nebeng tinggal sama om di daerah bekasi barat dan kantor kemayoran, jalur yang ditempuh KRL ini udah pas banget.
Tapi karena sekarang udah kost maka jarang banget pake kereta dan juga karena jarang pulang ke tempat om (ponakan durhaka kamu ciit!), maka ketika kemaren saya tiba-tiba butuh kereta dengan tujuan depok, saya agak bahagia tak terkira melihat keadaannya.

Ternyata keadaan stasiun kereta sekarang sudah lumayan bagus, terutama stasiun yang saya naiki kemaren yaitu Stasiun Juanda. Kesan Pertama, bangunannya sudah direnovasi sehingga terlihat lebih seger. Warna biru Stasiun Juandanya sih masih ada, tapi sepertinya di cat ulang dan terlihat tidak lagi dekil 😀

[![](https://i2.wp.com/3.bp.blogspot.com/_ft2guLgJppw/TNpPPb2xssI/AAAAAAAAAXU/a-DFLNykDQ4/s320/CIMG3684.JPG?w=780)](https://i1.wp.com/3.bp.blogspot.com/_ft2guLgJppw/TNpPPb2xssI/AAAAAAAAAXU/a-DFLNykDQ4/s1600/CIMG3684.JPG)
Penampakan penunjuk ruangan seperti dimana letak mushala, toilet, dll terlihat menarik. Dulu sih udah ada,tapi kurang informatif (aduh sayangnya gak punya foto pembanding). dan masing-masing tempat itu sudah terlihat sebagai sarana umum yang bagus.
[![](https://i1.wp.com/1.bp.blogspot.com/_ft2guLgJppw/TNuCNRzq58I/AAAAAAAAAYE/LWuZNmwgefc/s320/CIMG3685.JPG?w=780)](https://i1.wp.com/1.bp.blogspot.com/_ft2guLgJppw/TNuCNRzq58I/AAAAAAAAAYE/LWuZNmwgefc/s1600/CIMG3685.JPG)
Papan nama juga sudah di perbaharui. terdapat gambar-gambar rambu apa saja yang berlaku di stasiun. seperti tidak boleh merokok, tidak boleh mengamen dan jualan. etapi kalo jualan itu sebenernya kita penumpang pada butuh loh, terutama kalo keretanya ntar terlambat, ya gak? 😀 Juga terdapat arah panah sesuai arah kereta dan stasiun apalagi yang akan dituju jika kita berada di peron yang ditentukan. Sangat informatif terutama buat yang baru mencoba naik kereta.
[![](https://i1.wp.com/1.bp.blogspot.com/_ft2guLgJppw/TNpOBujmwtI/AAAAAAAAAXE/ZJ5tNdXBf7E/s320/CIMG3687.JPG?w=780)](https://i2.wp.com/1.bp.blogspot.com/_ft2guLgJppw/TNpOBujmwtI/AAAAAAAAAXE/ZJ5tNdXBf7E/s1600/CIMG3687.JPG)
Jalur aman berdiri juga diperjelas. eh dulu mungkin jelas2 aja ya 😀 tauuk deh Sampah juga relatif sedikit, kalo dulu biasanya sampah itu banyak, apalagi di kanan kiri rel. Sekarang mengingat udah gak ada lagi yang jualan di stasiun, jadi sampahnya gak banyak lagi. walopun ada satu-satu, itu biasanya sampah bawaan kereta atau angin kali ya..
[![](https://i1.wp.com/2.bp.blogspot.com/_ft2guLgJppw/TNuB1D3UKaI/AAAAAAAAAX8/PolBR6AEQiM/s320/CIMG3690.JPG?w=780)](https://i0.wp.com/2.bp.blogspot.com/_ft2guLgJppw/TNuB1D3UKaI/AAAAAAAAAX8/PolBR6AEQiM/s1600/CIMG3690.JPG)
ee sekarang juga pos polisi khusus kereta lebih bagus, tapi sayang pas saya lagi disana posnya kosong, mana orangnya ya 😀
Err ini cuma yang saya tinjau di Stasiun Juanda, selanjutnya ketika melewati stasiun gondangdia, cikini keadaannya relatif sama, sudah bagus. Kecewanya ketika sudah melewati Stasiun Kalibata baru yang belum ada perubahan, masih seperti ketika terakhir saya melihatnya. Begitupun Stasiun Depok Baru masih mengecewakan keadaannya. mungkin renovasinya bertahap ya,mudah-mudahan.
Btw, sekedar referensi aja, sebenarnya naik kereta KRL jaman sekarang sudah sangat menyenangkan. apalagi kalo bisa naik kereta ekonomi AC. Tentu saja karena sudah memiliki AC, gak ada yang ngamen, gak ada yang jualan. Dan karena menyenangkannya, malah ekonomi AC sekarang cendrung lebih diminati dari kereta KRL yang lain, ya iyaa laah.. Satu lagi, GAK PAKE MACET!! etapi pake telat..etapi kan jam keberangkatannya banyak.. 😀

Jayalah kereta KRL indonesia, mudah-mudahan semakin bagus pelayanannya. #bukanblogberbayar 😀

tambahan : oiya, sekarang ada yang namanya gerbong khusus perempuan, ada rambunya berwarna pink di peron. itu biasanya berada di gerbong nomer 1 dan 8. membantu untuk memberikan keleluasaan kepada perempuan terutama juga yang hamil.
[![](https://i1.wp.com/2.bp.blogspot.com/_ft2guLgJppw/TNzh1Nx_lXI/AAAAAAAAAYU/WVVct4Uarz8/s320/CIMG3691.JPG?w=780)](https://i2.wp.com/2.bp.blogspot.com/_ft2guLgJppw/TNzh1Nx_lXI/AAAAAAAAAYU/WVVct4Uarz8/s1600/CIMG3691.JPG)
Nb: silet berganti nama jadi intens. hedeeuhhh #pentiiing