Hilma's notes

Kakekku Berkisah...

Siapa yang suka bercerita dengan bangga sekaligus miris tentang dirinya “disebut” sebagai pemberontak? Ya itulah kakekku, kakaknya nenek yang paling tua. Ketika aku ngobrol dengannya, yang biasanya berawal dari ngobrol tentang apapun, pasti ujung-ujungnya akan sampai juga ke kisahnya waktu muda jaman PRRI. Syarifudin Prawiranegara. bukan, bukan dia kakekku >_< Bercerita tentang adik-adiknya yang pergi masuk hutan untuk “berperang” dan dia yang tetap tinggal di rumah sehingga mengakibatkan jadi bulan-bulanan tentara pusat yang waktu itu disebut juga “Tentara Sukarno”....

Jika Mau Kuliah Lagi, Pengennya Kuliah Apa?

Kalau kamu pengen kuliah lagi, pengennya kuliah apa? Ketika saya lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan, saya selalu berniat sekolah lagi. Waktu itu kuliah yang ingin saya lanjutkan pengennya gak jauh-jauh dari Teknik Sipil, lanjutan kuliah S1. Terutamanya mau ngambil keahlian Struktur yang menurut saya saya minati. Saya sih gak pinter-pinter amat di kuliah, lulus bersama kebanyakan teman-teman seangkatan lainnya. Tapi ya tetap saja saya menggemari ilmu pertukangan ini, walaupun ntar barangkali ada yang pengen punya rumah trus saya desainkan, mungkin bakal jadi deg-degan ya, hahaha....

Kisah Kecil :D

Jadi waktu itu saya ingin pergi ke Jogja, ceritanya jalan-jalan piyambakan galau sendirian. Saya menumpang Bus angkutan umum waktu itu karena kebetulan saya beli tiketnya teman yang tidak jadi berangkat. Akhirnya dengan modal nekat karena gak biasa naik bus tapi biasanya naik kereta, sayapun berangkat dari pool bus-nya dengan hati riang gembira. Dapat di seat yang dua sebelahan dengan seorang bapak-bapak, yang alhamdulillah sering tidur daripada terbangun, mungkin karena kecapekan. Jadinya saya bisa menikmati pemandangan sendiri....

Hujan

Hari ini hujan. Seharian hujan. Aku tak bisa mendefenisikan rasa ku terhadap hujan secara jelas Kadang aku sayang, tapi ketika aku mau keluar rumah aku merengut melihatnya. Tapi ketika aku sedang ingin duduk-duduk saja di rumah, aku senang melihatnya, senang mendengarkan suaranya. Seolah-olah bisa menghilangkan suara masalah. Seolah-olah dingin hawanya bisa mendinginkan hati yang panas Apalagi ketika mau tidur begini, suaranya lullaby. Menyenangkan… Tapi kadang juga tidak…...

Tokoh Favorit

Kutu buku yang saya kagumi itu adalah Bung Hatta, buku adalah hidupnya selain dedikasinya buat negara *ciyum2 foto bung Hatta*. Tapi dalam versi nyata seorang kutu buku yang saya kenal adalah kakek saya, ayahnya ibu. Walaupun saya tidak mengenalnya sampai dewasa (ceilah), tapi saya cukup mengenangnya dengan baik, terutama tentang betapa freaknya dia terhadap buku, dan oiya juga majalah ternyata. Betapa dulu sering saya mencuri masuk cuma untuk berada di ruangan tempat dia membaca dan menyimpan buku-bukunya....

Tak Berdaya

Salah satu problematika domestik rumah-rumah di Jakarta adalah merajalelanya mencit atau tikus. Dan salah satu problematika saya adalah jika melihat ulat bergerak dan tikus dalam kondisi mati. Selain itu juga geli liat cicak, kadal, lintah, cacing (jiah banyak banget). Kalau tikus yang berlarian di pinggir jalan itu masih bisa saya tolerir. Alkisah itu yang terjadi di rumah beberapa hari kemaren, ada tikus hampir mati yang sepertinya disebabkan nenek lagi kalap menyemprotkan baygon yang banyak ke udara sehingga sang tikus tak bisa bertahan dalam udara beracun....

Semangat sih, Tapi Jangan Sampai Salah ya...

Ah, ngeblog yang bermakna sekali-sekali. (tsaaah) [![](https://i0.wp.com/www.arrisalah.net/wp-content/uploads/2010/06/ruku.jpg?w=780)](https://i0.wp.com/www.arrisalah.net/wp-content/uploads/2010/06/ruku.jpg)Tahukah kamu dengan Makmum yang Masbuq ketika shalat? Iyak benar. ketika Makmum itu terlambat mengikuti imam dalam shalat berjamaah, itulah yang dinamakan Masbuq. Saya rasa banyak yang udah tau tentang apa yang yang harus dilakukan Makmum yang Masbuq.Tapi alangkah terganggunya pikiran saya (heh? terganggu pikiran?) ketika sedang shalat berjamaah (biasanya di saf ibu-ibu) ada seseorang yang Masbuq dengan sebuah kasus begini : ketika itu dia tidak bisa mendapati rakaat shalat yang sama dengan imam di rakaat pertama, tapi terlambat hanya ketemu imam di rakaat ke dua atau bahkan sesudahnya, kemudian memaksakan rakaat yang sama dengan imam....

Mencerahkan Hari

Sebenarnya saya orangnya #mureee, sangat gampang disenangkan dan tau apa-apa membuat hati saya sendiri senang. Karena kita yang tau diri kita sendiri, maka kita yang tau apa yang dibutuhkan untuk menceriakan harinya, ya gak? Tapi beberapa orang iseng saya tanya “hei, menurut lo apa yang paling memungkinkan bisa menyenangkan hati gue?”, maka ada yang menjawab “Kopi!”, ada lagi yang jawab “Internet!”, bahkan “Twitter!”. Mereka tau saya banget ya? saya terhayuuu…....

Bagaimana Kalau Lagi Dapet?

Saya sedang membaca buku Quraish Shihab Menjawab tentang 101 soal perempuan yang wajib diketahui. Ada pertanyaan yang pas banget dengan pikiran saya ketika sekarang saya sedang lagi rajin-rajinnya mengaji, eh tau-taunya haid datang. Yah walaupun sepengetahuan saya sih tak apa-apa, tapi saya rasa kebanyakan perempuan merasa ada yang kurang saja ketika melakukannya karena merasa kurang “suci”. Mumpung ketemu dalilnya nih ya, saya blog kan saja tentang bagaimana pendapat bapak Quraish Shihab menjawab ini....

Tugas Siapa?

Kalau ada yang tidak tau sejarahnya, itu salah generasi tua atau generasi muda? Alkisah, terjadilah percakapan antara saya dan nenek saya : Nenek : Keluarga Amay (ibunya nenek) itu beradik kakak cuma berdua. Tapi adalah banyak saudara Amay yang lain yang beda ibu, Misalnya Si Anu (saya lupa namanya). Saya : Hah? Siapa? Nenek : itu loh yang anaknya Si Itu (lupa lagi namanya) yang tinggal di sana. Saya : Itu siapa lagi?...