Merakit Pax Ikea

Ikea punya furniture dengan nama “Pax”, yaitu lemari yang bisa dicustom ukuran dan bentuk dalamnya. Pernah liat iklan “Billy”nya Ikea? nah semacam itu, tapi ini buat wardrobe. Saya suka dengan konsep Ikea dengan lemari custom yang bisa ditambah-belakangan ini. Pernah naksir juga dengan konsep Algotnya, tapi ujung-ujungnya balik ke Pax ini. Sama-sama menarik sih, tapi ya emang harus pilih salah satu kan? Pax ini terdiri dari rangka lebar 100cm, 75cm dan 50 cm. Jadi kalau misalnya duitnya pas-pasan, ya beli seperlunya aja dulu. Ntar kalau kapan-kapan ada duit lagi bisa ditambahin item yang dimau. Contohnya sekarang, karena saya baru butuh tempat buat kain doang. maka saya konsep lemari ini jadi wardrobe terbuka. Pintunya? kapan-kapan aja kalau udah pengen.  Terus pas beli, ternyata ada sekat yang belum tersedia di toko, yaudah pending dulu bagian yang itu. Kapan-kapan bisa ditambahin sendiri.

[![pax](https://i1.wp.com/icit.web.id/wp-content/uploads/2016/07/pax.png?resize=780%2C643)](https://i1.wp.com/icit.web.id/wp-content/uploads/2016/07/pax.png)gambar ngambil dari website Ikea
 

Akhirnya kebawa juga nih barang sesudah pakai pertimbangan yang cukup panjang x lebar. Walaupun musti sewa mobil box buat ngangkut karena mobil biasa gak bakal bisa bawa. Tinggi lemari ini 2,3m. Kebayang kan panjangnya kalau diangkut. Btw, saya dapat rekomendasi layanan mobil box online Deliveree dari mas-mas penjual sana. Relatif lebih murah dari layanan mobil box online yang pernah saya pakai, ataupun dari layanan antar Ikea sendiri :p Dan buat pemakai pertama dapat diskon 50%, mayan laaaah.

IMG_20160703_063311

Tips memasang Pax :

  1. Memasang minimal dilakukan oleh 2 orang dan anak-anak disarankan buat gak ikut serta. Riweuh euy, tidurin aja dulu :p Sebaiknya punya obeng dan palu lebih dari satu, jadi bisa barengan kerjanya.
  2. Area memasang harus dialas terlebih dahulu agar permukaan papan tidak tergores yang akan merusak kecantikannya.
  3. Ikuti manual book dengan runut, jangan inisiatif ngarang sendiri. Pokoknya musti patuhlah ya. Bisa-bisa bongkar ulang kalau salah dan itu akan bikin capek bingits.
  4. Letakkan komponen dengan rapi, jangan sampai ilang. kalau ilang satu mah udah susah masangnya.
  5. Memasang baut dan mur dengan sabar. Usahakan tegak lurus sehingga lobang yang udah disediakan benar-benar pas. Dan karena Pax dibuat pakai partikel board, musti hati-hati aja masangnya karena bisa aja bubuknya ikut kebawa.
  6. Sebaiknya dipasang pada posisi rebah sampai semua selesai. Pengalaman kemaren saya memasang bagian belakang lemari sesudah rangkanya diberdirikan, ternyata lebih melelahkan karena musti pakai bangku dan tentu saja memukul ke area tinggi itu bikin ketek pegel.
  7. Pakukanlah lemari ke dinding, ini perlu mengingat lemari ini cukup tinggi jadi ada kemungkinan bisa rebah ke depan.
  8. Yang paling sulit adalah memasang rangka utama sampai memakukan ke dinding. Bagian memasang rak sudah lumayan santai, udah boleh diganggu anak-anak deh.
  9. Sabar.

IMG_20160703_071536

Tadaaaaa….beginilah hasilnya. Ahelah fotonya gelap :)) Lumayan lah ya, daripada kain berantakan gak jelas. Ke depannya bakal nambahin pintu dimana satu daun pintunya akan pakai cermin gede gitu. Pasti keren ya. Tapi yaaaa kalau duitnya udah nyisa-nyisa banyak. Bagi duit dooong.

IMG_20160703_093521

Kata suami, saya udah Ikea-minded, ngoahahaha. Ih biarin aja lah ya….

Demikian pengalaman masang lemari. Selamat weekend ya manteman! Muaaaach

NB :kita bisa design sendiri lemarinya sebelum beli loh. ada aplikasinya di website ataupun dibantuin sama pramuniaganya di toko.