Menteri-menteri Baru Indonesia

Hari ini hari bersejarah? Iya. Sesudah beberapa hari bersejarah lain yang dilewati Rakyat Indonesia Raya beberapa waktu yang lalu berkenaan dengan pemilihan Presiden, pemilihan ketua DPR dan MPR yang semuanya serba drama dan menyita waktu. Menyita waktu orang lain buat mantengin tv dan buat ikut nyinyir sih, untungnya saya tetap santai wae. Hari ini adalah pelantikan menteri-menteri Kabinetnya Presiden baru Indonesia yang namanya Kabinet Kerja. Setelah sebelumnya orang berspekulasi tentang namanya, Kabinet Indonesia Hebat lah, Kabinet Trisakti lah. Ujung-ujungnya ternyata simple : “Kabinet Kerja”.

0035061KabinetKerja8780x390

foto diambil dari sini

Tanggapan saya pertama?* Yoweeees. Inilah pilihan Bapak presiden Indonesia.* Senang akhirnya udah diumumin dan gak perlu diperpanjang lagi waktunya jadi gak capek dengar spekulasi di sana-sini*. *Banyak akademisi dan praktisi tapi banyak juga orang partai, Apakah gak ada titipan? Saya gak percaya :p Tapi buat saya gak masalah jika ada nama menteri dari partai asal bisa kerja. Kemudian soal kabinet ramping yang sebelumnya dijanjikan? ya mau gimana lagi kalau segini dapatnya. Tapi saya yakin, ketika pembantu-pembantunya gak bekerja maksimal, Pak Presiden bakal berani buat reshuffle, toh kan tujuan utamanya buat “kerja, kerja dan kerja”. Ya kan paaaaaaaak?! tarik-tarik ujung baju

Saya sih lebih ke penasaran melihat kinerja para pak-bu mentri ini, kalau masalah pak presiden nepatin janji atau tidak mah ndak urusan saya. Beberapa memang ada yang saya sukai misalnya Menteri agama yang adalah satu-satunya menteri dari susunan kabinet yang lama yang sejauh ini kerjanya bisa mengakomodir banyak hal, atau Anies Baswedan yang selama ini dedikasinya terhadap dunia pendidikan cukup kelihatan. Bagaimana dia menerapkan di level sebesar kementrian, nantilah kita lihat. Apalagi yang saya sukai? karena banyak yang “relatif” muda-muda jadinya seger-segerrrr……..

Nama-nama yang bikin pesimis, tentu saja ada. Contoh yang pertama tentu Puan Maharani atau Ignasius Jonan. Trus Tjahyo Kumolo, karena kalau disuruh pilih politikus dari PDI-P saya lebih suka Pramono Anung. Hih! Tapi untungnya di beberapa kementrian yang menurut saya strategis, cukup menjanjikan.

Sebenarnya ada nama-nama di kepala saya yang kalau saya jadi presiden pasti orang itu yang bakal saya pilih karena saya tau dia punya ide-ide brilian yang bisa memberi gebrakan berarti buat kebijakan di level satu negara, tapi sayangnya Presidennya bukan saya, jadi bisanya cuma bisa ngarep doang. Besok coba mencalonkan diri ya Cit biar bisa pilih menteri sendiri :p

Anyway, selamat bekerja Bapak-Ibu menteri. Semoga benar-benar memberi perubahan. ditunggu loh pak 100 harinya dulu. Akuh pada Kalianh!

Oiya. Selamat Hari Blogger Nasional \o/