Makan Sate Jando di Bawah Pohon Rindang

Perhatikan gambar ini sodara-sodara… Ini adalah sepercik makanan surga yang dibocorin ke bumi. Namanya sate jando.

IMG_20160513_093003

Jando itu sendiri katanya adalah bagian dari susu sapi. Literally susu yang merupakan bagian dari tubuh sapi. Susu tentu saja isinya kelenjar lemak (selain otot), jadi bisa dibayangkan kan gajihnya?

Beruntungnya saya kemaren sempat kursus sebulan di gedung tempat sate ini mangkal, jadi buat menikmati ini tinggal kabur sebentar di jam istirahat kuliah. Tempat mangkalnya di bawah pohon rindang di depan Gedung MET Unpad. Gak pakai tenda-tendaan, penjualnya cuma duduk di trotoar dengan wadah-wadah yang disusun sebisanya, plus tempat bakaran sate. Kemudian menyediakan beberapa kursi plastik buat pelanggannya. Tapi walaupun seadanya gitu, di jam makan siang pembelinya ngantri boooowk…

Kalau tidak terlalu suka gajih, sate lain masih tersedia seperti sate sapi dan ayam. Biasanya saya pesannya sate campur plus lontong, jadi ntar isinya berupa kombinasi jando, sapi dan ayam. Buat saya sebenarnya 2 daging yang lain gak terlalu istimewa, tapi dicampur biar gak terlalu merasa bersalah memakan lemak yang banyak XD Yang istimewa selain satenya adalah bumbunya, bumbu kacang yang dikasih sambel dan kecap. Spicy dan kaya rasa membuat satenya lebih naik level lagi. Harganya kalau gak salah Rp. 20.000,- termasuk lontong.

Kalau mau nyari sate ini, posisinya berada di bawah pohon di trotoar depan Kampus MET Unpad, Jalan Cimandiri Bandung. Di belakang Gedung Sate. Tersedia cuma sampai sekitar pukul 15.00, jadi ke sana jangan sore-sore amat.

Ponten : 5/5