Lima Minggu Belajar dan Berteman

Saya happy banget kalau udah musti tugas ninggalin kantor, apalagi urusan belajar lagi, diklat atau kursus atau gitu-gitu deh. :))) Dan apalagi lagi kalau diklatnya lamaaaaaa dan di Bandung dan dapat uang saku. Happynya jadi dobel-dobel. Walaupun bakal ketemu orang baru yang gak tau bakal klop atau enggak. Selalu deg-degan dengan urusan bakal sekamar dengan siapa, walaupun akhirnya bisa sekamar sendiri..YES!

Awalnya pada jaim dan bersikap profesional, semakin kesininya udah berbaur, menyenangkan. Jadi tau gaya dan kebiasaan masing-masing orang. Ya tau sewajarnya lah, wong cuma sebulan. Tau kalau bapak yang itu orangnya bodor, ibu yang itu cool banget, bapak yang ono lucu pisan. kalau masalah pinter, semua pinter-pinter dan enak buat sharing pengetahuan.

IMG_20160527_151746

Menyenangkan berbagi ilmu dengan orang yang berbeda pengalaman, berbeda lingkup pekerjaan dan punya cerita sendiri-sendiri di instansinya. Saya jadi tau permasalah perencanaan di tempat lain. Apalagi perencanaan daerah. Secara kurikulumnya lebih memihak ke perencanaan daerah, kita yang biasa ngurusin instansi pusat jadi berasa gak tau apa-apa XD Terkadang dengar curhat colongan sesama teman kelas, maklum lah ya beda orang, beda kantor, beda permasalahan. Dan disinilah istilah “rumput tetangga memang terlihat lebih bagus” itu benar adanya, karena ada aja yang curhat tentang “budaya” kantornya, hahahaha.

IMG_20160526_115133

Yang paling memberi warna dari pelatihan seperti ini buat saya adalah ketika kerja tim. Selalu aja ada sesuatu yang menarik. Apalagi kalau bukan masalah menyatukan ide. Pernah beberapa kali menghadapi hal seperti ini, jadi saya udah gak kaget lagi. Tapi tetap aja kadang bikin senewen, walaupun selalu berakhir dengan indah.

Akhirnya 5 minggu yang menyenangkan itu berakhir juga menyisakan ilmu, pengalaman dan teman yang menyenangkan. Ditambah 3 kali sehari makan gratis plus bergelas-gelas kopi dan snack Bandung yang itu-itu aja :)) Dengan melihat teman-teman terutama dari perencanaan daerah, mengajarkan saya bahwa memang pengalaman bertahun-tahun selalu lebih unggul.

Selalu ingin agar suatu saat bisa belajar bersama mereka lagi. Semoga…