Cara menghalau kolesterol ala Saya..

Penyakit yang paling saya takuti selain kanker payudara adalah kelebihan kolesterol yang dapat menyebabkan jantungan atau stroke. Tentu saja saya juga tak mau dihinggapi oleh penyakit-penyakit yang lain, tapi penyakit yang kedua ini yang saya rasa paling rentan menghinggapi saya. Dikarenakan bikauus….***Kanker payudara*** tentu saja saya takuti karna saya perempuan (eh walopun pernah dengar kanker payudara pada laki-laki loh), sedangkan kenapa takut ***k******elebihan kolesterol*** ini semua dikarenakan saya suka makan, dan makanan yang saya suka adalah jenis-jenis penjahat semua.Nah, saya ingin membagi tips-tips saya gitu loh, cekkidots…
Terlahir sebagai orang minang yang dari lahir udah direcokin sama masakan padang, menjadikan saya tak terlalu bisa menikmati masakan jenis lain. Rendang, cancang (gajih dan jeroan di gule pake santan kental), sate padang, apalagi yah.. tambunsu, talua randang etc..etc.. gilak gak, gilaaak!! itu semua tak lepas dari Santan, Gajih dan minyak. Semua biangnya kolesterol….Pernah seorang teman bilang, “kalo gak mau kolesterol, jangan dimakan dong..” oo c’mon,gak segampang itu merubah taste lidah.. bahkan ketika saya pernah makan masakan sunda, yang saya cari lagi apa? “usus goreng”, itu karna gajihnya banyak.. GUBRAK!Jadi untuk mensiasatinya saya mencari cara lain, yaitu adalah “apa yang harus saya lakukan untuk meminimalisirnya…” itu lebih baik daripada cuma menumpuknya, ya kan 😀 #membeladiriYang paling sering saya lakukan adalah, memakan ikan, yah di masakan padang juga banyak yang menunya ikan loh? Ini adalah teori sotoy dari saya bahwa ikan mempunyai kolesterol lebih sedikit dari daging ayam dan daging sapi. Teori dari mana itu ciit??? entahlah, saya koq merasa ikan itu adalah malaikatnya daging, daging yang baik hati gituh.. 😀

Minum air banyak-banyak, nah ini teori sotoy lagi :D, tapi siapa sih yang berani bilang air itu ndak sehat. setiap ada yang sakit, selalu kita sarankan “banyak-banyak minum air putih”, ya kan.. ya kan.. 😀

Air putih ini juga untuk mengimbangi ketagihan saya terhadap kopi. Jadi istilahnya sekali merangkuh dayung, 2 3 pulau terlewati, kecuali pulaunya itu sumatra jawa dan bali, itu kegedean #dibahas.
Seterusnya adalah, ***Minum jus belimbing! *Dimanapun saya makan trus ybs menyediakan jus belimbing, saya akan memesannya. Karena menurut artikel yang pernah saya baca, buah belimbing punya khasiat yang banyak, termasuk didalamnya untuk meredakan kolesterol. Contohnya artikel[ ini](http://ennoadi.blogdetik.com/2009/01/11/manfaat-belimbing-bagi-kesehatan/) dan [ini](http://masenchipz.com/manfaat-belimbing). Eh tapi ya boooo’, belimbing itu kok mahal banget ya booo’ kalo beli di mall, bentjiih eykee…**
***Memaksimalkan jalan kaki***, jalan kaki di mall aja maksudnya *ngakak*. Memang saya selalu riang gembira kalo jalan kaki, untuk pengganti jarangnya saya olah raga. Jadi kenapa saya suka kelayapan? itu krna saya ingin sehat loh #alesyaaan.
Sekian dulu ah, kalo dibaca-baca banyak loh hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi dan mengatasi kolesterol, udah banyak di blog-blog ternama. Ini yang versi saya bisa lakukan saja. Kalo yang lain, lagi mikir-mikir buat dilakukan.
Mudah-mudahan kita selalu sehat sejahtera dan tidak dihinggapi penyakit..*nari pom-pom*
NB : belum sempat draft ini dipublish, ada berita adjie masaid meninggal dunia karena jantungan. Duh, dia kan masih muda.. 🙁