Bika yang Hangat di Kotobaru yang Dingin

[![](https://i0.wp.com/3.bp.blogspot.com/-tFeca4G8qnI/UEWj2MR0-5I/AAAAAAAAOew/d9N-p_Nw_mo/s320/C360_2012-08-22-14-49-09.jpg?resize=320%2C240)](https://i2.wp.com/3.bp.blogspot.com/-tFeca4G8qnI/UEWj2MR0-5I/AAAAAAAAOew/d9N-p_Nw_mo/s1600/C360_2012-08-22-14-49-09.jpg)
*eh, ada si bapak 🙂*
Lama-lama ini jadi blog makanan deh ya 🙂
Jadi ini review makanan khas Sumatera Barat, khususnya daerah Kotobaru. Kotobaru itu daerah antara Padang Panjang dan Bukittinggi. Namanya Bika, Talago itu nama tokonya. Kenapa Talago? mungkin karna ada di pinggir telaga Koto Baru.
Sebenarnya Bika yang paling populer itu Bika Simariana, berada tidak beberapa meter dari Bika Talago ini. Cuma kata ibu saya, Bika Talago itu juga enak, cuma gak sepopuler Bika Simariana emang.
Bahan pembuatnya tepung beras, santan kelapa dan gula, dll. Dimasak musti pake kayu bakar, pake kuali kecil-kecil yang dilapisi daun pisang sebagai alas masaknya dan tanpa minyak.
[![](https://i0.wp.com/3.bp.blogspot.com/-C7N04yGxT4k/UEWj3EucF6I/AAAAAAAAOe0/Q-YODzQ_Yms/s320/C360_2012-08-22-15-04-00.jpg?resize=320%2C239)](https://i1.wp.com/3.bp.blogspot.com/-C7N04yGxT4k/UEWj3EucF6I/AAAAAAAAOe0/Q-YODzQ_Yms/s1600/C360_2012-08-22-15-04-00.jpg)
Biasanya di tempat jualnya kita bisa liat langsung cara memasaknya, ada banyak tungku berderet yang nantinya akan dipakai untuk memasak bikanya sesuai pesanan. Suasananya tradisional banget.
[![](https://i1.wp.com/2.bp.blogspot.com/-XOtBJhz6deI/UEWj3wiC93I/AAAAAAAAOe8/NbRsGyMgyxk/s320/IMG_20120822_150247.jpg?resize=320%2C180)](https://i2.wp.com/2.bp.blogspot.com/-XOtBJhz6deI/UEWj3wiC93I/AAAAAAAAOe8/NbRsGyMgyxk/s1600/IMG_20120822_150247.jpg)
*Gimana bentuknya?* Nah seperti yang ada di atas. Ini yang daun pisangnya udah pada dicopotin. Aduh nikmat sekali dimakan panas-panas apalagi di Kotobaru yang daerahnya dingin itu. Dengan aroma daun pisang yang ikut dimasak dan citarasa aroma masakan bertungku kayu. Bika ini ada 2 macam, yang coklat sepertinya bergula merah dan yang putih yang bergula putih #Yaiyalah.
Jadi jangan lupa loh, kalau ke Sumatera Barat nikmatilah ademnya daerah Kotobaru dengan mencoba Bika ini. Pasti gak nyesel. Sekiaaaaaaaaaaaaaan!
Mumpung masih Syawal, Mohon Maaf Lahir dan Batin ya Kawans 🙂