Akhirnya Ke Solo

Jadi ceritanya kan long weekend cuti bersama kemaren saya ke Solo, bertepatan dengan libur tahun baru Islam yang digabung sama Sabtu-Minggu. Sebenarnya ini modal nempel liburan ke teman karena gak punya planing mau ngapain buat menghabiskan waktu libur (walaupun ternyata akhirnya ada yang nelpon ngajak Rafting). Karena ini adalah ke Solo saya yang pertama kali, jadi merasa excited juga. 
 
Kalau dihitung-hitung sih totalnya 5 hari saya di sana, tentu saja pake sehari izin dari kantor karena saya terus terang ingin melihat perayaan 1 Suro di Mangkunegaran yang berarti saya harus berangkat sebelum hari liburnya. Oiya, saya gak merayakan 1 Suro loh ya, tapi menonton. harap dicatet! 😀
 
Tidak bisa menceritakan kronologisnya apa kegiatan di Solo, maupun itinerarynya, mengingat ini liburan 5 hari yang berarti panjang banget dan Solo juga keseringan hujan yang menyebabkan rusak beberapa planing, dan pun karna  sering mager tidur-tiduran di rumah karena cuacanya yang mendukung, hehehe. 
[![](https://i1.wp.com/3.bp.blogspot.com/-L1EmgIWM20Q/UKhYbWBeeqI/AAAAAAAATYo/0xnJ7ldgYDY/s320/C360_2012-11-18-10-26-26_org.jpg?resize=320%2C239 "http://dlembayung.blogspot.com/")](http://3.bp.blogspot.com/-L1EmgIWM20Q/UKhYbWBeeqI/AAAAAAAATYo/0xnJ7ldgYDY/s711/C360_2012-11-18-10-26-26_org.jpg)
Teman Bertualang, [Ajeng Lembayung](http://dlembayung.blogspot.com/)
[![](https://i0.wp.com/2.bp.blogspot.com/-XS73a_ej-Pk/UKhZU1xkS2I/AAAAAAAATZ8/BXwQsUM7BBQ/s320/C360_2012-11-18-10-33-37.jpg?resize=320%2C239)](http://2.bp.blogspot.com/-XS73a_ej-Pk/UKhZU1xkS2I/AAAAAAAATZ8/BXwQsUM7BBQ/s711/C360_2012-11-18-10-33-37.jpg)
Tiket Ekonomi AC
[![](https://i0.wp.com/4.bp.blogspot.com/--Wzzsyqqvvs/UKSF6EAdNvI/AAAAAAAASlE/M-6wBsPivnU/s320/C360_2012-11-15-12-58-35_org.jpg?resize=320%2C239)](http://4.bp.blogspot.com/--Wzzsyqqvvs/UKSF6EAdNvI/AAAAAAAASlE/M-6wBsPivnU/s711/C360_2012-11-15-12-58-35_org.jpg)
Bus Tingkat Solo
Kemana saja saya di Solo? 
**Ke Mangkunegaran **
Ini pengalaman pertama saya ngeliat perayaan adat keraton, adat jawa mah tau pas cuma prosesi kawinannya aja. Ini pengalaman baru ngeliat benda pusaka yang diarak-arak gitu keliling komplek Mangkunegaran. Walaupun ngeliat cuma pas ngelepasnya dan pas datang doang ya. hehe.
Sebenarnya ada lagi perayaan 1 Suro di Kasunanan tapi terlalu malam dan rada jauh #pemalas. Daaaan akhirnya saya lihat sendiri sih orang-orang yang berebut minum air cucian pusaka gitu. Eh ada Paundra cucunya Soekarno tuh, ihik
[![](https://i0.wp.com/2.bp.blogspot.com/-LXS0o58MdSo/UKOQvBrVNjI/AAAAAAAASZ0/2mCfTwD2rT0/s320/C360_2012-11-14-18-54-21.jpg?resize=320%2C239)](http://2.bp.blogspot.com/-LXS0o58MdSo/UKOQvBrVNjI/AAAAAAAASZ0/2mCfTwD2rT0/s711/C360_2012-11-14-18-54-21.jpg)
Tempat acara
[![](https://i1.wp.com/4.bp.blogspot.com/-flc1toy07bk/UMbfBNCYr9I/AAAAAAAAU3M/PbNGD7-QgG0/s320/PB140340.JPG?resize=320%2C240)](http://4.bp.blogspot.com/-flc1toy07bk/UMbfBNCYr9I/AAAAAAAAU3M/PbNGD7-QgG0/s1600/PB140340.JPG)
Ini loh Paundra
[![](https://i0.wp.com/3.bp.blogspot.com/-TNskCbOsX4w/UMbffVjB3LI/AAAAAAAAU3U/_9g_2PBNhFU/s320/PB140287.JPG?resize=320%2C240)](http://3.bp.blogspot.com/-TNskCbOsX4w/UMbffVjB3LI/AAAAAAAAU3U/_9g_2PBNhFU/s1600/PB140287.JPG)
Pusaka Keraton, ah jauh gambarnya
[![](https://i2.wp.com/2.bp.blogspot.com/-p188i8kSuD8/UMbiUgLvXzI/AAAAAAAAU3k/cJ0zudePZ40/s320/PB140343.JPG?resize=320%2C240)](http://2.bp.blogspot.com/-p188i8kSuD8/UMbiUgLvXzI/AAAAAAAAU3k/cJ0zudePZ40/s1600/PB140343.JPG)
Pengawal
[![](https://i1.wp.com/1.bp.blogspot.com/-3i9po6s08p8/UMbf--SMfYI/AAAAAAAAU3c/hm7A721NiAc/s320/PB140310.JPG?resize=320%2C240)](http://1.bp.blogspot.com/-3i9po6s08p8/UMbf--SMfYI/AAAAAAAAU3c/hm7A721NiAc/s1600/PB140310.JPG)
Lagi bagi-bagi air 
**Ke Candi Sukuh**
Candi Borobudor ada stupanya, Candi Prambanan bentuknya bangunan menjulang gitu, nah Candi Sukuh ini bentuknya Piramida. Candinya sebenarnya ada 2 biji, yang agak kecil paling bawah dan yang rada besar di undakan paling atas. selain itu ya semacam gerbang-gerbang doang. 
[![](https://i1.wp.com/2.bp.blogspot.com/-_mlrdQAIQjM/UMb2p0mUYgI/AAAAAAAAU5s/-g55P3xfT4Q/s320/PB150441.JPG?resize=320%2C240)](http://2.bp.blogspot.com/-_mlrdQAIQjM/UMb2p0mUYgI/AAAAAAAAU5s/-g55P3xfT4Q/s1600/PB150441.JPG)
Piramid paling atas
[![](https://i0.wp.com/4.bp.blogspot.com/-G0g9lh6ACM4/UMbvgxcbAlI/AAAAAAAAU4A/3uWV0IZKJXo/s320/PB150421.JPG?resize=320%2C240)](http://4.bp.blogspot.com/-G0g9lh6ACM4/UMbvgxcbAlI/AAAAAAAAU4A/3uWV0IZKJXo/s1600/PB150421.JPG)
Piramid Paling Bawah
Juga banyak arca-arca gitu. Beberapa bagian pelat relief tersusun aja di pinggir, sepertinya memang sudah gak tau dipasang di sebelah mana. Kalau melihat relief sih saya yang paling penasaran gitu apa cerita yang terkandung di dalamnya. Apa ya?
[![](https://i1.wp.com/1.bp.blogspot.com/-sXj3-O8YuLk/UMbwtbxRvuI/AAAAAAAAU4c/wh4c0IMz-yQ/s320/PB150478.JPG?resize=320%2C240)](http://1.bp.blogspot.com/-sXj3-O8YuLk/UMbwtbxRvuI/AAAAAAAAU4c/wh4c0IMz-yQ/s1600/PB150478.JPG)
Komplek Candinya, berundak.
[![](https://i1.wp.com/2.bp.blogspot.com/-Qet7JiBgSoI/UMbxISMQixI/AAAAAAAAU4k/hXKYYwyIvyE/s320/PB150471.JPG?resize=320%2C240)](http://2.bp.blogspot.com/-Qet7JiBgSoI/UMbxISMQixI/AAAAAAAAU4k/hXKYYwyIvyE/s1600/PB150471.JPG)
Tiang Relief
[![](https://i1.wp.com/1.bp.blogspot.com/-brBp-m-s7QU/UMbxhrZjWYI/AAAAAAAAU4s/eq3aIcVeEWQ/s320/PB150430.JPG?resize=320%2C240)](http://1.bp.blogspot.com/-brBp-m-s7QU/UMbxhrZjWYI/AAAAAAAAU4s/eq3aIcVeEWQ/s1600/PB150430.JPG)
Relief tersusun di sampingnya
[![](https://i1.wp.com/4.bp.blogspot.com/-k3A6zwghD9E/UMbwTKA_TyI/AAAAAAAAU4U/q319qrVwH2o/s320/PB150453.JPG?resize=320%2C240)](http://4.bp.blogspot.com/-k3A6zwghD9E/UMbwTKA_TyI/AAAAAAAAU4U/q319qrVwH2o/s1600/PB150453.JPG)
Ini entah patung apa, bikin penasaran
**Makan-makaaaan!**
Saya penasaran dengan makanan khas Solo, belum ada yang kenal. Gak sempat kenalan kemaren-kemaren #apasih.
Tapi ternyata beberapa makanan Solo itu bisa kita temukan di jakarta, walaupun ini dalam versi gak orisinilnya. Dan saya nyobain Nasi Liwet, yang di Jakarta saya agak kurang minat memakannya, entah kenapa. Waktu kemaren itu diajak teman-teman makan di emperan toko gitu, dini hari. Mbah yang jualannya cuma pake bakul doang. Nantinya itu kita bakal makan lesehan di tiker aja. Bentuknya gak ada isitimewa-istimewanya, tapiiiii rasanya…laziiiis zekali. Awalnya saya sempat ragu memakannya. Cuma nasi yang dikasih kayak semacam sayur labu bersantan, dikasih ayam, tapi saya pilih kulit ayam. Udah gitu aja. Tapi itu doang aja udah nikmat sekali sodara-sodara, ini entahlah karena saya celamitan atau gimana. Karena kalau dibilang disebabkan saya kelaparan, sebelumnya saya udah makan banyak.
[![](https://i2.wp.com/1.bp.blogspot.com/-G2x7EO9xgG0/UKUtW3TW3YI/AAAAAAAAS0M/mElIAmiKzFo/s320/C360_2012-11-16-00-53-27.jpg?resize=320%2C239)](http://1.bp.blogspot.com/-G2x7EO9xgG0/UKUtW3TW3YI/AAAAAAAAS0M/mElIAmiKzFo/s711/C360_2012-11-16-00-53-27.jpg)
Nasi Liwet
Di Solo keseringan kan kita makan di angkringan ya, udah fitrahnya lah karena kebanyakan tempat makannya seperti itu. Nah dari sekian banyak angkringan dengan makanan standar sate-sate segala rupa, saya baru tau ada yang namany sate koyor. Itu ternyata itu adalah daging seadanya yang diselimuti gajih. Gajihhh??! surga buat lidah, neraka buat sehat :). Dan rasa sate koyor ini, hmmmm…luarrr biasa. Dan ini sepertinya kami lagi kalap sampe makan beberapa puluh gitu buat berenam. Buseeed (pake “d”)
[![](https://i1.wp.com/3.bp.blogspot.com/-iebDcbTylyQ/UKTYJCpTT0I/AAAAAAAASwk/fNnwndqQQeg/s320/C360_2012-11-15-18-44-40.jpg?resize=320%2C239)](http://3.bp.blogspot.com/-iebDcbTylyQ/UKTYJCpTT0I/AAAAAAAASwk/fNnwndqQQeg/s711/C360_2012-11-15-18-44-40.jpg)
Sate Koyor
Kemudian saya nyobain Soto Kuali yang ada  di depan Stasiun Balapan, enak dan murah. YIPIII!, tapi gak ada fotonya, maklum karna kalap dan lapar (eh yang lapar ajeng ding) jadi lupa buat mengabadikannya. 
Beberapa tempat makan yang saya datangi gak usah di share di sinilah, karna “Kurang-Solo”, masih bisa lah kita temukan dimana saja. Yang isitimewa ya yang di atas tadi 🙂 Eh, ada yang istimewa lagi ding, harganya murah-murah. 
![](https://i2.wp.com/4.bp.blogspot.com/-DTYuTHf7gdw/UMbycGL8JaI/AAAAAAAAU5Q/-0v__Glgi_0/s320/PB170573.JPG?resize=320%2C240)
menu ngemilk yang minum susu
**Ke Rumah Blogger Indonesia**
Jadi karena Ajeng sharing di twitter bahwa dia ke Solo maka kebetulan [PakDe Blotankpoer ](http://blontankpoer.my.id/)menawarkan buat mampir ke Rumah Blogger Indonesia (RBI) , kenapa ada RBI di Solo ya? Jakarta aja gak punya e. 
Akhirnya kita memang mampir ke sana, melihat pertunjukkan beberapa orang seniman Solo gitu deh. Ada angkringan gratis lagi, ihik #mentalgratisan. Sambil menikmati pertunjukkan musik kecil-kecilan gitu. 
 
[![](https://i0.wp.com/2.bp.blogspot.com/-jcBBa6kSgQk/UMb6n6v8hOI/AAAAAAAAU6M/JKQ5z7r6rMU/s320/PB160532.JPG?resize=320%2C240)](http://2.bp.blogspot.com/-jcBBa6kSgQk/UMb6n6v8hOI/AAAAAAAAU6M/JKQ5z7r6rMU/s1600/PB160532.JPG)
pertunjukan musik
[![](https://i1.wp.com/3.bp.blogspot.com/-1ApZ2oaioII/UMb6w3oXX9I/AAAAAAAAU6U/emr80DP1M1s/s320/PB160534.JPG?resize=320%2C240)](http://3.bp.blogspot.com/-1ApZ2oaioII/UMb6w3oXX9I/AAAAAAAAU6U/emr80DP1M1s/s1600/PB160534.JPG)
angkringan
[![](https://i1.wp.com/1.bp.blogspot.com/-1MQ5I_H_BRU/UMb7CV4A01I/AAAAAAAAU6c/jE-0-mM8tR8/s320/PB160543.JPG?resize=320%2C240)](http://1.bp.blogspot.com/-1MQ5I_H_BRU/UMb7CV4A01I/AAAAAAAAU6c/jE-0-mM8tR8/s1600/PB160543.JPG)
Pakde Blontank
[![](https://i1.wp.com/4.bp.blogspot.com/-zrubNMn_k1o/UMb7P29QPuI/AAAAAAAAU6k/WeKXNw6dhTk/s320/PB160546.JPG?resize=320%2C240)](http://4.bp.blogspot.com/-zrubNMn_k1o/UMb7P29QPuI/AAAAAAAAU6k/WeKXNw6dhTk/s1600/PB160546.JPG)
Dalemannya RBI
Dan kita nyobain Blontea yang terkenal itu, disuguhin aja. Karena kita tamu kan ya? 😀 
Karena saya bukan penggemar teh ya saya gak tau cara menilainya. Dan ini ternyata terlalu manis buat saya. Anyway, senang aja akhirnya bisa nyobain teh ini.
[![](https://i2.wp.com/1.bp.blogspot.com/-KyfCbgc1LHc/UMbxxYXpZ_I/AAAAAAAAU44/5Irf7w81y7s/s320/PB160547.JPG?resize=320%2C240)](http://1.bp.blogspot.com/-KyfCbgc1LHc/UMbxxYXpZ_I/AAAAAAAAU44/5Irf7w81y7s/s1600/PB160547.JPG)
Blontea
**Ke Slow Rock Concert di RRI Solo **
Ini seperti yang saya tulis di postingan sebelumnya di –> [sini](http://www.aliendibumi.com/2012/11/band-gaek-yang-berjiwa-muda.html). Dan di sini juga ketemu Almascatie lagi, Blogger Maluku yang terkenal itu loooh :p 
[![](https://i1.wp.com/3.bp.blogspot.com/-WzaoF3YooBo/UMbx-FZDrWI/AAAAAAAAU5A/oB4m9MVBMEo/s320/PB170583.JPG?resize=320%2C240)](http://3.bp.blogspot.com/-WzaoF3YooBo/UMbx-FZDrWI/AAAAAAAAU5A/oB4m9MVBMEo/s1600/PB170583.JPG)
Almas tanda tangan Banner
**Ngajogjakarta**
Dan hari terakhir kami menyempatkan untuk ke Jogjakarta. Tadinya mau nonton pertunjukan Musik Jazz anak Jogja yang judulnya Ngajogjazz, tapi apa mau dikata karna sesuatu dan lain hal membuat kita tidak memungkinkan mampir ke sana. Akhirnya cuma melakukan kegiatan yang satunya lagi yaitu NYARI MAKAN ENAAAK! Kemana lagi kalau bukan Phuket dan Rumah Coklat
Foto-fotonya bisa liat di sini [http://is.gd/o0joel](http://is.gd/o0joel) dan di sini [http://is.gd/021Lfn](http://is.gd/021Lfn)
Di sini juga bertemu dengan cewek-cewek cantik ini 
![](https://i1.wp.com/2.bp.blogspot.com/-eEaWEwCvm7g/UKjPBylstrI/AAAAAAAATgs/BAjEz0wtu0w/s320/C360_2012-11-18-18-29-00_org.jpg?resize=320%2C239)
ajeng, mamat, kitin
Dan akhirnya, kami pulang ke Jakarta dengan riang gembira sesudah bersenang-senang dan menambah beratnya timbangan badan. Nanti akan ke Solo lagi kapan-kapan. Pasti!
[![](https://i2.wp.com/2.bp.blogspot.com/-XAMJE1mZn_k/UKhWrpT4tsI/AAAAAAAATXU/n7FL5FSgirs/s320/C360_2012-11-18-10-24-33.jpg?resize=320%2C239)](https://i1.wp.com/2.bp.blogspot.com/-XAMJE1mZn_k/UKhWrpT4tsI/AAAAAAAATXU/n7FL5FSgirs/s711/C360_2012-11-18-10-24-33.jpg)
Solo Balapan
Terimakasih buat [Ardhi](https://twitter.com/nugrosardhi/followers), [Dimas](https://twitter.com/dimzzy63), [Bella](https://twitter.com/bella_sukma), dan [Hombing](https://twitter.com/wahyu2s) Tanpa bantuan kalian dan cerita-cerita kalian perjalanan ini akan sunyi-sunyi aja 😀
Selamat Selasa, Kawans 🙂