International Nurses Day itu Hari Ini Loh

Sebanyak apa kita  ngeh tentang perawat yang merawat kita ketika kita dalam perawatan? Saya rasa akhirnya banyak orang yang lupa peran mereka, padahal perawat inilah yang sehari-hari menemani kita melebihi dokter yang cuma visit beberapa saat setiap hari itu.

Perawat yang saya ingat itu di dua keadaan, yang pertama perawat ketika saya menemani nenek yang diopname di rumah sakit yang kedua adalah perawat ketika saya operasi habis melahirkan. Eh satu lagi, perawat yang saya jumpai setiap konsultasi rutin ke dokter kandungan ketika hamil.

nurses_day

Ketika menemani nenek yang sedang sakit dan benar-benar terkapar, saya sempat takjub dengan seorang perawat yang dengan sabar dan cekatan menangani nenek yang lagi gak bisa ngapa-ngapain. Dari ganti pembalutnya karena nenek gak boleh bolak balik ke kamar mandi, mandi dan gantiin baju nenek dengan cekatan padahal nenek itu overweight dan semua hal pribadi ternyata dia yang melakukan. Selama ini saya gak pernah benar-benar memperhatikan secara detail.

Sewaktu saya dirawat sesudah melahirkan dengan operasi caesar kemaren, saya merasakan sendiri bagaimana pekerjaan perawat ini. Mereka yang selalu stand-by dan siap sedia di rumah sakit. Siap dipanggil kapan aja selama mereka gak menangani pasien lain :p memang sih perawat ketika itu sedikit, maklum rumah sakit kecil di kota kecil. Tapi saya bersyukur sekali banyak mendapat bantuan dari mereka seoptimal mungkin, itu yang saya rasakan. Dari pasang semua alat-alat menyeramkan itu, mandiin dan kadang ganti-pasang bedong anak (kadang-kadang karena suami juga bisa sih :D), mandiin dan masangin baju saya, ngingetin dan ngasih obat anti biotik tengah malam, bantuin cara ngasih ASI buat anak, dan banyak hal lainnya.

Satu hal yang paling saya ingat, mereka gak takut darah dan gak jijik-an. Hal-hal yang mereka kerjain ini salah satu yang bikin saya ogah menyinggung dunia medis, saya gak kuat darah dan saya gak bakal kuat juga menangani hal-hal pribadi orang lain, kecuali mungkin keluarga dekat sendiri. Dan saya terkesan dengan semua yang mereka lakukan.

Mungkin kita sekali-sekali ingat bahwa mereka ada. Senyuman dan terimakasih setiap mereka ganti shift bisa jadi hal yang nyata. Halah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *