Angkutan Umum Pilihan

Saya sebenarnya cendrung sabar, bisa menunggu 45-60 menit untuk sebuah angkutan umum yang  sebelumnya-sudah-saya-putuskan-saya pilih. Jadi menunggu dengan menit segitu di Halte Transjakarta sudah seringkali terjadi. Walaupun beberapa kali saya harus menyerah dengan memutuskan keluar dari arena pertarungan dan naik taksi atau memilih angkutan umum yang lain. Yang biasanya hal itu saya lakukan karena sudah mepet jam janjian sama orang berarti membuat saya gak nyaman.

Kadang taksi juga bukan pilihan yang baik jika ternyata jalur yang akan dilewati bakal menempuh jalur yang sama dengan kopaja/metromini/angkot. Beneran gak ada bedanya, atau malah akan lebih beruntung karena kopaja/metromini/angkot ternyata bisa saja memilih jalur yang oke. Kadang terkaget-kaget sendiri melihat kemampuan kopaja/metromini/angkot dalam melewati jalur macet yang sehingga bisa lebih cepat dari yang lain. Saya semakin tau dengan fenomena itu sehingga sekarang dan sudah saya yakini bahwa memilih kopaja/metromini/angkot adalah pilihan yang bagus.

download

Makanya pun sekarang  jika akan pergi ke suatu tempat maka opsi-opsi yang pertama muncul di pikiran saya adalah naik kopaja/metromini/angkot ini, kemudian baru bustransjakarta dan jika lagi ada duit males baru memilih taksi (walau kadang sekarang sering malas sih). Berbeda dengan dulu karena memikirkan faktor kenyamanan (bus ber-AC), opsi pertama di pikiran saya ketika menuju sebuah tempat adalah Bustransjakarta kemudian baru yang lain, kini saya sadar bahwa itu hanyalah tipuan pikiran…lha wong saking sesaknya bus itu malah fungsi AC gak ngaruh sama sekali. Juga ternyata untuk menuju sebuah halte transjakarta saya butuh moda yg lain seperti angkot atau ojek yang dipikir-pikir juga tidak ekonomis sekali #padang.

Oh iya, apalagi sekarang ada yang namanya Kopaja ber-Ac dan malah mereka memakai jalur BusTJ yang otomatis membuat jalan mereka lebih sedikit terhalang macet. Walaupun harganya lebih mahal dari Kopaja biasa, tapi itu sepadan sekali dengan yang kamu dapatkan. Interiornya oke dan bersih. Sayangnya kopaja AC tidak mengakomodir semua tujuan kendaraan.

82kopaja AC1

Jadi apa angkutan umum pilihanmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *